Kamis, 01 Desember 2011

Kelemahan SBY, Tak Punya TV

NASIONAL - POLITIK
Kamis, 01 Desember 2011 , 19:56:00


JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono oleh banyak kalangan disebut sebagai sosok yang sangat memerhatikan soal pencitraan. Hanya saja, upaya pencitraan SBY akan berhadapan dengan upaya pencitraan negatif terhadap dirinya yang dilakukan oleh media massa yang dilakukan lawan-lawan politiknya.

"SBY sangat kuat dalam hal pencitraan. Kelemahan satu-satunya, dia tak punya TV," ujar Direktur Riset Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, saat berbicara di Forum Kehumasan Pusat dan Daerah Tahun 2011 di Jakarta, Kamis (1/12).

Padahal, media TV sangat penting dalam membentuk persepsi publik. Dia memberi contoh mantan Presiden AS, John F Kennedy, yang selalu kalah mendapat dukungan pendengar saat adu debat di radio. "Kennedy tak pernah menang debat di radio, tapi di TV, persepsi berubah, dia menang karena ganteng," ujar Yunarto.

Menurutnya, para politisi pemilik Tv yang menjadi lawan politik SBY, sadar betul dengan kekuatan Tv, sebagai media massa yang punya kemampuan kuat membentuk persepsi publik. "Realita bisa dibolak-balikkan tergantung kepentingan," ujarnya.

Tatkala diserang di Tv, kata Yunarto, SBY tak bisa menandinginya. "Dia hanya bisa mengeluh dengan pemberitaan TV merah dan TV biru," ujar Yunarto, tanpa menyebut bahwa yang dia maksud adalah TvOne dan MetroTv, yang masing-masing dimiliki Aburizal Bakrie dan Surya Paloh. (sam/jpnn)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar