Rabu, 23 November 2011

Selangkah Lagi Unanda Jadi PTN


Kamis, 10 November 2011 09:15 wib
 5  130
Image: corbis.com
Image: corbis.com
PALOPO – Peningkatan status Universitas Andi Jemma (Unanda) Palopo menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) pertama di Luwu Raya, tinggal selangkah lagi.

Tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI meninjau persiapan akhir Unanda menjadi PTN pada 12 November mendatang. Rektor Unanda Palopo Prof DR Lauddin Marsuni menyatakan, tim Kemendikbud RI yang akan melakukan peninjauan akhir dipimpin Kepala Bagian Pelaporan Barang Milik Negara Kemendiknas RI Rahmat Setiawan.

“Tim Kemendikbud akan meninjau lahan seluas 30 hektare (ha) yang dipersiapkan Unanda menjadi lahan pembangunan kampus utama setelah jadi PTN di wilayah Walenrang. Tim Kemendikbud akan mengecek langsung lahan ini, termasuk persiapan administrasi pembuatan sertifikat lahan yang telah berproses,” kata dia saat menggelar jumpa pers di Unanda Palopo, kemarin.

Persyaratan terakhir yang harus dipenuhi Unanda menuju PTN, yakni penyediaan lahan minimal 30 ha yang telah disertifikatkan atas nama negara dan diserahkan kepada Pemerintah Pusat melalui Kemendiknas. Saat ini tim Kanwil BPN Sulsel telah mengukur lahan tersebut dan BPN Luwu telah mengeluarkan rekomendasi persetujuan penerbitan sertifikat lahan oleh BPN Pusat.

“Proses pembuatan sertifikatnya sudah berproses di BPN Pusat. Kami berharap sertifikat lahan secepatnya diterbitkan,” ujar Lauddin didampingi Wakil Rektor II Bidang Keuangan Renaldy. Pada Senin (14/11), Rektor Unanda bersama jajaran pejabat Unanda dan empat perwakilan pemerintah daerah di Luwu Raya, yaitu Pemkot Palopo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, Pemkab Luwu Timur, dan Pemkab Luwu Utara, berangkat ke Jakarta bersama tim Kemendikbud RI.

Keberangkatan ke Ibu Kota untuk menyerahkan hasil studi kelayakan dan sembilan item persyaratan peningkatan status Unanda menjadi PTN kepada Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendiknas RI.
“Seluruh persyaratan, yakni sembilan item telah dipenuhi Unanda. Selanjutnya Ditjen Dikti Kemendiknas RI memproses sehingga Unanda dapat secepatnya ditingkatkan statusnya menjadi PTN,” kata Lauddin.

Berbagai persyaratan yang dipenuhi Unanda jadi PTN, di antaranya akta notaris penyerahan seluruh aset dari yayasan To Ciung Luwu senilai Rp17 miliar sebagai aset Unanda kepada pemerintah. Termasuk surat dukungan Gubernur Sulsel dan DPRD Sulsel mengenai dukungan pendanaan Unanda jadi PTN.

Sementara itu, Staf Ahli Wakil Presiden Bidang Pemerintahan HM Luthfi A Mutty berjanji mengawal pembuatan sertifikat lahan seluas 30 ha milik Unanda di BPN Pusat. Luthfi menilai Unanda sangat layak dan memenuhi syarat ditingkatkan statusnya jadi PTN. (chaerul baderu/koran si)(//rfa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar